Oleh : Rika Okviana Tamar
Kegiatan ini dibuka Oleh Ibu Kepala Sekolah Dra. Sudarti. MM, dengan memberikan arahan acara dan semangat agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diikiti dengan penuh tanggung Jawab.
Narasumber untuk Kegiatan ini adalah Ir. Bambang Winarno, M.Si yang merupakan Widyaiswara BBPPMPV Cianjur,
Pak Bambang memulai kegiatan dengan memberikan motivasi dalam proses pembelajaran “ Bagaimana kita ketika masuk kelas harus menyiapkan perangkat pembelajaran yang hari ini sangat simple intinya Capaian pembelajaran selesai,
SMK PK lanjutan, Kelas XI sekarang sdh lanjutan dari kelas X, Di akhir workshop harus ada out put dari kegiatan yaitu berupa modul dan LKPD
Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi modul yang sudah dibuat oleh team Koordinator P5 Modul Kelas X tentang Gaya Hidup berkelanjutan yang dipresentasikan oleh ibu Dina Veranita, dimana Modul ini melihat karakteristik dari lingkungan sekolah yang memiliki luas 23 Hektar dimana ada sampah organic yang bisa dimaanfaatkan secara berkelanjutan.
Masukan dari Bapak Bambang adalah Dalam sebuah projek maka penggunaan produk harus berkelanjutan , contoh pupuk bisa digunakan untuk tanaman, kompos boleh dijual, Revisi dari modul ini adalah memasukan keberlanjutan, dan juga untuk sebuah kegiatan Semua itu perlu fasilitas, jika tidak disiapkan maka semuanya sia sia, semua maple include didalamnya, Ketika menuju edu wisata kegiatan anak sudah bisa memilah sampah.
Masukan lagi tentang konsistensi contoh : Setiap tanggal ganjil untuk sampah organic, untuk tanggal genap sampah anorganik.
Isi Materi
Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif
Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.
Gambaran Pelaksanaan Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila
- Merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek
- Dirancang untuk menguatkan kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila
- Pelaksanaannya dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaannya
- Dirancang terpisah dari intrakurikuler. (Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler
- Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.
Akhir Kegiatan akan menyelesaikan modul, LKPD dan PPT
Average Rating